Suasana Pengenalan Gerakan Pramuka

Suasana Pengenalan Gerakan Pramuka

Assalamualaikum, Wr. Wb

SALAM PRAMUKA!!

Alhamdulillah, proses pengenalan Gerakan Pramuka GUDEP Palembang 06.115-06.116, SMAN Sumatera Selatan, terhadap calon tamu ambalan berjalan dengan lancar. Pengenalan ini berlangsung di salah satu kelas di SMAN Sumatera Selatan yang dimulai pada pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB pada tanggal 19 Juli 2013 kemarin. Ritual ini merupakan ritual pertama Gerakan Pramuka yang difasilitasi oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS) SMAN Sumatera Selatan dengan beberapa anggota Pramuka Penegak Bantara dan pembina golongan putra sebagai pembicaranya.  Meskipun pertama kali, para anggota Pramuka Penegak Bantara terlihat tidak gugup bicara di depan para kader bangsa Indonesia tersebut. Namun, tetap saja terlihat sedikit kebingungan di sesi pertama dari 9 sesi. Bukan anak Pramuka kalau tidak menyesuaikan diri terhadap lingkungan sehingga Para anggota mulai menguasai kelas ketika sesi demi sesi bergantian.

Setiap sesi berlangsung selama 15 menit dan diisi dengan perkenalan yang menarik. Para calon tamu ambalan disambut dengan permainan untuk membentuk beberapa kelompok. Sebelum sesi perkenalan dimulai, mereka disemangati dengan yel-yel yang dibuat oleh Kak Rezky dan Kak Putra(anggota Pramuka Penegak Bantara). Gerakan dan teriakan yel-yel yang menggugah semangat membuat calon tamu ambalan tidak memperdulikan lapar dan haus karena puasa. Selanjutnya, salah satu anggota memperkenalkan anggota yang lain satu-persatu beserta posisinya di Ambalan tercinta. Ketika para calon tamu ambalan telah mengetahui satu persatu anggota Pramuka SMAN Sumatera Selatan, mereka langsung dibuka cakrawalanya tentang Pramuka. Kak Hafiz dan Kak putri (Pradana putra dan putri) mengenalkan apa itu pramuka dengan cara yang berbeda dan menarik untuk didengar. Selain itu, mereka juga memperkenalkan program-program yang telah dilakukan dan yang akan datang. Terlihat raut muka antusias dari para calon tamu ambalan meskipun ada banyak anak yang tidak pernah mengikuti Pramuka sebelumnya.

Melalui pengenalan tersebut, diharapkan adanya pemahaman tentang tujuan pramuka yang sebenarnya, yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010. Yaitu untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotic, taat hokum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.