Assalamualaikum. Wr.Wb

SALAM PRAMUKA

Apa kabarnya kali ini kakak-kakak sekalian? Kami harapkan kakak-kakak semua baik-baik saja. Apalagi di bulan suci Ramadhan yang pernuh berkah ini, dengan kesehatan yang prima, semoga ibadah kita lebih meningkat lagi, aamiin!

Alhamdulillah, puasa tidak menjadi alasan bagi kami untuk tetap melaksanakan aktifitas-aktifitas, terutama aktifitas Kepramukaan. Sabtu, 25 Juli 2013 kemarin, Pramuka Penegak SMAN Sumatera Selatan telah melaksanakan musyawarah Penegak. Agenda yang dilaksanakan dalam musyawarah ini adalah penyampain laporan pertanggungjawaban oleh pengurus dewan ambalan masa bakti 2012, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Lalu pembentukan dewan ambalan baru dan evaluasi program-program tahun kemarin dan pembahasan program yang akan datang. Musyawarah ini dimulai setelah waktu Sholat Ashar tepatnya sekitar pukul 4 sore. Pertemuan yang dihadiri oleh Pembina Gugus Depan dan WAKAMABIGUS merupakan ajang untuk menjalin silahturahmi antar sesama anggota Pramuka juga. Musyawarah ini dihadiri oleh hampir seluruh anggota Pramuka Penegak yang berjumlah sekitar 30 anggota. Meskipun ada satu atau dua anggota yang tidak hadir karena alasan tertentu, hal ini tidak mengurangi kehikmatan musyawarah tersebut.

Laporan Pertanggungjawaban dengan lugasnya di sampaikan oleh Pradana putra, Kak Muhammad Hafiz. Dia memaparkan semua kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama masa bakti pengurus Dewan Ambalan 2012-2013. Selain itu, dia juga memaparkan kegiatan-kegiatan yang belum terlaksanakan dan harapan-harapan untuk pengurus Dewan Ambalan yang baru agar pramuka semakin Berjaya dalam membentuk karakter anggotanya.

Sambutan KAMABIGUS yang diwakili oleh WAKAMIBUS, kak Kasim memberikan apresiasi kepada eksistensi Pramuka di SMAN Sumatera Selatan, ditambah lagi setelah Gerakan Pramuka SMAN Sumatera Selatan telah mendapat legalitas melalui nomor Gugus Depan. Harapan beliau agar Gerakan Pramuka menjadi salah satu organisasi terbesar di Sekolah yang dapat membimbing anggota-anggotanya mempunyai karakter bangsa yang sesuai pancasila.

Kak miftah, selaku Pembina Gudep dalam sambutannya mengharapkan agar Gerakan Pramuka semakin berkembang di masa mendatang. Beliau telah menjadi Pembina Gugus Depan selama 1 tahun ini yang menggantikan Pembina sebelumnya yang sedang istirahat dikarenakan sakit. Beliau telah mengajarkan kami administrasi pramuka yang saat  itu masih belum terlalu penting.

Atas musyawarah bersama, maka terpilihlah Kadek indra Dewantara sebagai Pradana putra, Aprizal Saputra sebagai Sekteraris putra dan Ongki Alan Buana sebagai bendahara. Sedangkan untuk ambalan putri yaitu Siti Nuraini sebagai Pradana putri, Mamluatul sebagai Sekretaris dan Dessy sebagai bendahara. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi kadek siti dan kawan-kawan dalam memimpin sebuah organisasi yang besar.

Setelah terpilihnya kadek sebagai Pradana Putra, maka Dia langsung memimpin rapat pembahasan Program kerja berikutnya. Hasil evaluasi yang dipaparkan oleh para anggota rapat adalah kurangnya struktur kegiatan yang teratur, belum berpedoman pada AD, ART, dan PP Gerakan Pramuka. Program yang dipaaparkan oleh ketua Dewan Ambalan yang baru menitikberatkan pada Pengembangan diri dan kelompok, serta pengabdian ke masyarakat. Diharapkan dengan program baru yang telah di siapkan akan membentuk karakter-karakter anggotanya seperti yang diharapkan pancasila.

Musyawarah pun berakhir sekitar 15 menit sebelum Magrib. Para anggota melanjutkan kegiatan dengan Buka bersama. Disinilah ajang meningkatkan persaudaraan antar sesama anggota Pramuka. Terdapat banyak makanan yang membuat perut anggota kekenyanyan. Terlihat canda tawa di antara para anggota. Momen momen itulah yang akan terus membekas di hati para Anggota Pramuka SMAN Sumatera Selatan.

 

Wassalamualaikum, Wr.Wb

SALAM PRAMUKA