This slideshow requires JavaScript.

Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan yang harus diikuti oleh siswa/siswi SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) sebagai sarana dalam mengembangkan keahlian non akademik. Disinilah siswa-siswi, khususnya kelas 10 dan 11, dapat memilih 2 macam ekskul yang harus mereka ikuti selama 1 semester. Dari itulah anggota OSIS di SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) membagi ekskul  dalam beberapa kategori yaitu :

– Sport / Olahraga, kegiatan seperti : Basketball Club, Futsal Club, Hockey Club, dll..

 Art / Seni yang meliputi : Teater Club, Dance Club, Choir Club, Music/Band dll..

– Academic / bidang akademik diantaranya, English club, Science Club, dll..

Pemilihan ekskul yang didahului dengan adanya pengenalan / introducing the ekskul kepada siswa/i kelas 10 dan 11, sebelum mereka menentukan ke ekskul mana hati mereka akan berlabuh. Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi di SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) setiap ajaran tahun baru. Setelah semua ekskul selesai mempersentasikan / mempromosikan ekskul mereka, tentunya setiap ekskul mengharapkan akan banyak anggota yang bergabung. Begitu juga dengan sang pemilih yang benar-benar harus cermat dalam memilih ekskul yang akan mereka jalani, yang tentu nantinya akan dimasukkan dalam penilaian raport.

Dilihat dari banyaknya ragam kegiatan yang ada, tentu memicu kegalauan bagi kelas 10 dan kelas 11. Namun, lain halnya dengan SCOUT / Gerakan Pramuka Gudep Palembang 06.123-06.124 yang dalam posisi aman, nyaman dan tentram dikarenakan Gerakan Pramuka mewajibkan anggota kelas 10 untuk menerima pendidikan kepramukaan selama 1 semester.

Penerapan wajib selama satu semester telah memacu dewan ambalan Gerakan Pramuka Gudep 06.123 – 06.124 untuk terus meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan Pramuka. Kamabigus yang diwakili Wakamabigus, Kak Kasim pada acara musyawarah penegak kemarin, sangat mengapresiasi tujuan dari kegiatan Pramuka untuk mencapai karakter yang sesua dengan pancasila. Hal ini dikarenakan tujuan Pramuka dan tujuan SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) di dalam satu jalur, yaitu menciptakan kader pemimpin bangsa yang menyinari Indonesia.

InsyaAllah, setelah lebaran nanti, kegiatan Pramuka akan mulai aktif kembali setelah mengalami masa persiapan yang panjang, Semoga dengan persiapan yang cukup matang tersebut, dapat membawa pramuka menggapai tujuan yang idam-idamkan.